Beranda NEWS

Cerita Warga Suli-Suli Maros Konsumsi Air Hujan Karena Sulitnya Air Bersih

Editor :  | 
Jumat, 13 November 2020, 20:59 WITA
789
0

MAROS, Kabarikita.ID – Kurang lebih 300 kepala keluarga (KK) di lingkungan Suli-suli, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan terpaksa mengkonsumsi air hujan.

Warga terpaksa menampung air hujan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak, mencuci dan mandi lantaran sulitnya memperoleh air bersih di wilayah tersebut.

Muhammad Arif, salah satu warga mengungkapkan bahwa, sulitnya untuk memperoleh air bersih di wilayahnya itu sudah berlangsung sejak lama.

Berbagai cara pun telah dilakukan untuk memperoleh air bersih. Mulai dari membuat sumur tadah hujan hingga yang paling modern dengan penampungan air skala rumahan.

Namun, semua itu belum juga bisa menjawab masalah krisis air bersih yang ada di wilayahnya.

Kondisi ini akan semakin diperparah ketika musim kemarau tiba. Warga harus mengambil air dari kampung tetangga untuk keperluan minum dan memasak.

“Bahkan waktu panen ini, kami nyaris gagal panen,” ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Lebih lanjut, kata Arif, kesulitan warga ini telah beberapa kali diusulkan saat  Musrembang di pemerintah Kelurahan Bontoa. Namun hingga saat ini tak kunjung terselesaikan.

“Ini juga selalu menjadi usulan setiap perencanaan Kelurahan, cuman sampai detik ini tak terselesaikan,” katanya.

Sementara itu disaat Kabarikita.ID, mencoba mengkonfirmasi PLT Kelurahan Bontoa, Ardy Muchtar.

Ia mengaku, pihaknya telah mengakomodir masalah tersebut. Namun, menyelesaikan hal ini perlu keterlibatan lintas sektoral di pemerintah Kabupaten.

“Kami berharap dari yang berkompeten dari pihak Kabupaten masalah ini dapat direalisasikan, karena masalah ini lintas sektoral, Kita Kelurahan pemerintah paling bawah,” tutupnya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here