PerDik Sulsel Dampingi Difabel Korban Pemerkosaan Tiga Pemuda di Makassar

0
6

MAKASSAR, Kabarikita.ID – Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDik) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan bantuan pendampingan pada perempuan difabel bisu inisial N (16) yang menjadi korban pemerkosaan oleh tiga pemuda di Kota Makassar.

Sebelumnya petugas Satreskrim Polrestabes Makassar berhasil meringkus dua pemuda sebagai pelaku yakni WR (18) dan GN (23) pada Selasa (19/1/2021) dan pelaku utama yakni AS, pada Kamis 21 Januari 2021 yang sempat jadi buron.

Memperoleh dan menindaklanjuti keberadaan informasi tersebut, Direktur PerDik Sulsel, Abdul Rahman telah berkordinasi ke pihak Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Makassar.

“Semenjak kasus informasi kita peroleh kita langsung berkordinasi dengan pihak Polrestabes Makassar, khususnya unit perlindungan perempuan dan anak,” katanya, Jumat (22/1/2021).

Kata dia, untuk pendampingan memulihkan terhadap trauma korban telah dilakukan. Ia juga telah mempersiapkan pendampingan hukum.

“Khususnya korban, kita telah mendampingi, berkordinasi dengan beberapa pihak terkait. Sambil mempersiapkan langkah-langkah pendampingan hukum mulai dari tenaga psikiater dan psikolog dan kuasa hukum dalam proses persidangan,” jelasnya.

- Advertisement -

Sementara itu Rahman menyebutkan dalam kurung waktu 2017 hingga 2020 kurang lebih sebanyak 19 kasus tindak kejahatan terhadap korban difabel yang tersebar 24 Kabupaten.

“Sementara 3 adalah wilayah Makassar, Gowa dan Kabupaten Bone. Khusus di Makassar ada 6 Kasus dengan tambahan kasus yang baru-baru terjadi,” pungkasnya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here